Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Shampoo | Wadah Pensil Monster

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Shampoo - Wadah Pensil Lucu. Berikut ini adalah contoh kegiatan cara membuat kerajinan tangan  dari botol bekas shampoo berupa wadah pensil lucu untuk anak-anak.


Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas


Botol bekas adalah salah satu barang bekas yang sangat banyak jumlahnya. Botol bekas ini bisa kita temukan hampir dimanapun kita berada, di rumah, di pasar, atau di banyak tempat lainnya. Dan seperti yang telah banyak ditulis di beberapa artikel tentang kerajinan tangan dari botol bekas lainnya, fungsi dari botol bekas ini sendiri memang sangat banyak.

Dan yang paling sering kita jumpai selain digunakan kembali sebagai berbagai macam wadah, juga banyak dipakai untuk membuat aneka kerajinan tangan unik. Ini karena untuk mendapatkan bahan baku botol bekas dalam jumlah yang banyak tidaklah terlalu sulit.


Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Shampoo


Ada banyak sekali jenis dan macam botol bekas yang biasakita temukan, diantaranya adalah botol yang terbuat dari bahan kaca, dan juga yang terbuat dari bahan plastik. Botol kaca dan botol plastik adalah jenis yang paling umum, dan mudah dijumpai dimana-mana. Nah pada artikel kali ini kita akan mencoba memanfaatkan kembali botol bekas berbahan plastik.

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Shampoo - Wadah Pensil Lucu


Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Shampoo - Wadah Pensil Lucu


Kerajinan tangan dari botol bekas yang akan kita buat kali ini adalah sebuah wadah pensil berbentuk boneka monster lucu dan unik. Selain bisa kita gunakan sendiri, nantinya wadah pensil yang sudah jadi bisa dipakai untuk anak-anak.

Berikut ini cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas berupa wadah pensil lucu:


Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Shampoo - Wadah Pensil Lucu 1
Pertama-tama kita membutuhkan beberapa bahan yaitu yang pasti beberapa buah botol shampoo plastik bekas. Warna, bentuk, dan ukuran bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing. Bahan selanjutnya adalah gunting, cutter, selotip warna hitam, selotip warna putih, selotip bolak-balik (double tape), dan lem cair.


Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Shampoo - Wadah Pensil Lucu 2
Langkah pertama cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas ini adalah memotong bagian atas dari botol plastik yang tidak akan dipakai. Caranya adalah yang pertama membuat lubang pada botol plastik dengan menggunakan cutter. Setelah itu potonglah botol plastik dengan meakai gunting dengan cara memasukkan ujung gunting pada lubang bekas cutter tadi.

Langkah selanjutnya adalah membuat hiasan dekorasinya. Ambil bagian potongan botol bekas yang tidak dipakai tadi untuk membuat bagian tangan dan kaki. dan potonglah bagian itu dengan memakai gunting membentuk sepasang tangan dan sepasang kaki.

Selanjutnya tempelkan potongan bagian tangan dan kaki ke badan botol dengan menggunakan lem. Lalu jangan lupa buat juga sepasang mata, mulut dan gigi monsternya dengan menggunakan selotip warna hitam dan warna putih yang dipotong.

Tempelkan potongan selotip yang berbentuk sepasang mata monster, mulut, dan gigi.


Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Shampoo - Wadah Pensil Lucu 3
Setelah semua bagian boneka monsternya tertempel pada badan botol bekas, tempelkan juga sepotong selotip bolak-balik (double tape) pada bagian belakang badan boneka monster (bagian belakang botol). Lalu tempelkan botol ke dinding.

Untuk hasil gantungan yang lebih kuat, selotip bolak-balik bisa diganti dengan paku.


Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Shampoo - Wadah Pensil Lucu 4
Nah wadah pensil monster lucunya sudah jadi. Silahkan anda bisa berkreasi sendiri dengan bentuk dan warna yang lainnya.


VIDEO

Video Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Shampoo - Wadah Pensil Monster


Kegiatan ini bisa juga dilakukan bersama anak-anak untuk mengisi waktu senggang. Misalnya dilakukan saat libur hari minggu di rumah. Atau bagi anda para guru TK atau SD bisa melakukan aktivitas membuat kerajinan tangan dari botol bekas ini dengan murid-murid di sekolah anda.

sumber: usefuldiy.com

No comments:

Post a Comment